Published On: Mon, Apr 15th, 2013

Beda Lambang Salib Kristen Protestan dengan Katolik

540489_10151424902058215_952804821_n

Sisilia bertanya :

Romo, mengapa agama Kristen Protestan menggunakan lambang salib tanpa corpus (tubuh) Yesus, sedangkan dalam agama Katolik dengan corpus?

Romo Victor Menjawab :

Ada banyak alasan, saya sebutkan dua diantaranya :

Pertama: menurut orang Protestan, telah bangkitnya Yesus mau ditunjukkan dengan salib yang (telah) kosong (tanpa corpus). Namun, Gereja Katolik berpendapat bahwa misteri salib dan kebangkitan tetap satu, tak terpisahkan. Bahkan, untuk menekankan pentingnya salib, Paulus berkata, “Sebab aku telah memutuskan untuk tidak mengetahui apa-apa di antara kamu selain Yesus Kristus, yaitu Dia yang disalibkan” (1 Kor 2:2). Oleh karena itu, Gereja Katolik menghormati Yesus yang tersalib bukan dengan salib kosong yang tujuannya hanya mau menunjukkan bahwa Yesus telah bangkit.

Kedua: Suatu ketika seorang Pastor ditanya, mengapa salib yang dipasang di pastoran (dan juga di rumah-rumah orang Katolik) ada corpus Yesusnya, padahal Tuhan Yesus sudah bangkit, dia menjawab: “Supaya bila hidup kami terasa sulit dan berat, kami bisa memandang salib itu dan kami diingatkan lagi bahwa dulu Tuhan Yesus juga menderita sebelum dia “menikmati” Paskah (kebangkitan)”.

images

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. bachtiar soeloe says:

    Salibnya Khatolik juga bermacam2 ada yg kaki Yesusnya sebelah kiri dibawah dan ada juga sebelah kanan dibawah dan ada pula yg tdk ada inrinya, jadi yg mana yg benar Romo ? Terima kasih.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© 2012 Parokiarnoldus.net - All Rights Reserved | Gereja St. Arnoldus Janssen, Bekasi Jl. Ir. H. Juanda No.164, Bekasi 17113 | Telepon : 021-8801763 | Fax : 021 88347168 | Web: www.parokiarnoldus.net | Facebook: parokiarnoldus | Twitter : parokiarnoldus | Youtube Channel : parokiarnoldus