Published On: Mon, Jan 26th, 2015

Belajar Komuni di Gereja

download

Julianda Silalahi bertanya,

Di Gereja tempat saya ibadah waktu di kampung, saya belum belajar komuni. Apakah saya bisa belajar komuni di Gereja St, Arnoldus ini? Saya baru bebrapa bulan mengikuti ibadat di Gereja St. Arnoldus, saya menyesal kelalaian saya di masa lalu Romo.

Rm. Yulius Katu menjawab,

Julianda Silalahi yang dikasihi Tuhan. Untuk bisa menerima komuni yang adalah “Tubuh dan Darah Kristus” tentu didahului pelajaran komuni dengan penekanan pada “Sakramen Ekaristi”. Tujuannya agar anak memiliki pengetahuan yang baik dan mendalam tentang Tubuh dan Darah Kristus yang diterimanya dan dihayatinya dalam kehidupan imannya. Di Gereja Karolik, persiapan Komuni I diberikan kepada anak kelas 4 SD yang memiliki kemampuan cukup secara umur mengimani dan menghayati Tubuh Kristus yang diterimanya. Jadi, kalau saudari belum belajar menerima komuni, saudari melaporkan diri kepada ketua lingkungan agar mereka mendaftarkan kamu sebagai calon komuni I.

Salam,

Tuhan memberkati

Displaying 4 Comments
Have Your Say
  1. diana says:

    Romo..saya ada rencana mau menikah pada bulan oktober..saya adalah seorang katolik namun blm dibaptis, tapi waktu sekolah dulu saya pernah ikut pelajaran baptis krn saya sekolah di sekolah katolik,namun tidak sampai dibaptis..apakah saya bisa dibaptis sebelum hari pernikahan saya, karena saya mau menikah di gereja. Sedangkan salah satu syarat untuk menikah di gereja hrs sudah dibaptis..
    Mohon saranny..

    • Admin says:

      Ytk. Diana

      Sebaiknya Anda menghubungi Katekis yang berada di wilayah/paroki Anda untuk mendapatkan pengarahan lebih lanjut bagaimana baiknya dan apa yang harus Anda lakukan.

      Salam,
      Admin

  2. Fandy says:

    Romo… sy tinggal di daerah cibitung dan mau menjadi katolik.. tetapi sy bingung apa yang harus dilakukan dahulu.. sy baca artikel diatas melaporkan ke ketua lingkungan..ketua lingkungan mana yang harus saya laporkan yah?

    • Admin says:

      Ytk. Fandy

      Untuk mengetahui Anda masuk lingkungan mana, silahkan menghubungi sekretariat paroki (021) 8801763 atau langsung datang ke sekretariat paroki pada hari & jam kerja. Senin -Sabtu jam 08.00-16.00 dan minggu setelah misa kedua-15.00

      Salam,
      Admin

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

© 2012-2015 Parokiarnoldus.net - All Rights Reserved | Gereja St. Arnoldus Janssen, Bekasi Jl. Ir. H. Juanda No.164, Bekasi 17113 | Telepon : 021-8801763 | Fax : 021 88347168 | Web: www.parokiarnoldus.net | Facebook: parokiarnoldus | Twitter : parokiarnoldus | Youtube Channel : parokiarnoldus