Published On: Sun, Sep 21st, 2014

Bolehkah Menikah di Gereja Kristen?

Wedding_Ring_Photography

 

Efan bertanya,

Salam Romo, saya katolik dan belum menerima sakramen krisma dari luar paroki St. Arnoldus, tapi akan melaksanakan pernikahan di gereja kristen di daerah bekasi. Yang ingin saya tanyakan :

  1. Pengurusan ijin untuk melaksanakan pernikahan beda gereja ke keuskupan, apakah dilakukan melalui paroki St. Arnoldus ataukah paroki asal saya? Karena saya berasal dari keuskupan Bandung.
  2. Syarat apa sajakah yang diperlukan untuk mengurus ijin dari KAJ?
  3. Pada umumnya, kapankah sakramen krisma akan dilangsungkan?

 

Terima kasih Romo

 

Romo Victor menjawab,

Efan yang baik,

 

Bila Efan ingin menikah di salah satu gereja Kristen, Efan tidak perlu meminta izin dari gereja Katolik. Namun konsekuensinya, bila Efan yang beragama katolik, menikah di gereja kristen, pernikahan Efan akan dianggap tidak sah oleh gereja katolik.karena, setiap orang katolik mestinya menikah di gereja katolik sesuai dengan hukum gereja katolik.Konsekuensi lanjutnya, Efan akan kehilangan hak-hak sebagai orang katolik, seperti kehilangan hak untuk mendapatkan pelayanan sakramen-sakramen.

 

Salam

Displaying 2 Comments
Have Your Say
  1. rani says:

    salam romo
    saya rani. saya mau bertanya bagaimana jika ingin dibaptis,menjadi keluarga katolik. saya seorang muslim dan tinggal di daerah bekasi timur. apa yang harus saya lakukan romo jika saya ingin menjadi hamba Yesus. mohon infonya. terima kasih.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

© 2012-2015 Parokiarnoldus.net - All Rights Reserved | Gereja St. Arnoldus Janssen, Bekasi Jl. Ir. H. Juanda No.164, Bekasi 17113 | Telepon : 021-8801763 | Fax : 021 88347168 | Web: www.parokiarnoldus.net | Facebook: parokiarnoldus | Twitter : parokiarnoldus | Youtube Channel : parokiarnoldus