Published On: Sun, Sep 1st, 2013

Bulan Kitab Suci Nasional 2013 “Kasih Ilahi Memulihkan Luka Kehidupan”

KKS

parokiarnoldus.net. Tema Bulan Kitab Suci Nasional 2013 adalah “Kasih Ilahi Memulihkan Luka Kehidupan”. Pokok subtema yang diambil ada 4 (empat) yang kesemuanya berhubungan dengan persaudaraan sejati dan semua bacaan diambil dari perjanjian lama. Subtema ini mengambil contoh dari tokoh-tokoh perjanjian lama yang menggambarkan lingkaran persaudaraan dan masalah yang mereka alami. Lingkaran saudara sekandung, mengambil tokoh Yusuf. Lingkaran persaudaraan karena pernikahan (istri/suami, mertua), mengambil tokoh Hosea dan Rut. Dan yang terakhir adalah tanggung jawab kenabian demi kebaikan (persaudaraan) kaum/bangsa, mengambil tokoh Yehezkiel. Seksi Kerasulan Kitab Suci Paroki St. Arnoldus Janssen, Bekasi mengadakan kegiatan sosialisasi BKSN pada Sabtu petang (17/8) dihadiri pengurus ling-kungan dan wilayah.

Sejarah awal mula Bulan Kitab Suci Nasional adalah bermula dari konsili Vatikan II yang berbicara mengenai Kitab Suci adalah Dei Verbum.
Para bapa Konsili menganjurkan agar jalan masuk menuju Kitab Suci dibuka lebar-lebar bagi kaum beriman. Pertama-tama, dengan menerjemahkan Kitab Suci ke dalam bahasa setempat. Lembaga Alkitab Indonesia(LBI), merupakan Lembaga dari Kantor Waligereja Indonesia (KWI) untuk kerasulan Kitab Suci, mengadakan sejumlah usaha untuk memperkenalkan Kitab Suci kepada umat dan sekaligus mengajak umat untuk mulai membaca Kitab Suci.
Pada tahun 1975 dalam rangka menyambut terbitnya Alkitab lengkap ekumenis, LBI menyarankan agar setiap paroki mengadakan Misa Syukur pada bulan Agustus. Bahan-bahan liturgi dan saran-saran kegiatan yang dapat dilakukan beberapa bulan sebelumnya dikirimkan ke keuskupan-keuskupan.
Dalam sidang MAWI 1977 para uskup menetapkan agar satu Hari Minggu tertentu dalam tahun gerejani ditetapkan sebagai Hari Minggu Kitab Suci Nasional. Hari Minggu yang dimaksudkan adalah Hari Minggu Pertama September.

Dalam perkembangan selanjutnya keinginan umat untuk membaca dan mendalami KS semakin berkembang. Satu Minggu dirasa tidak cukup lagi untuk mengadakan kegiatan-kegiatan seputar Kitab Suci. Maka, kegiatan-kegiatan ini berlangsung sepanjang Bulan September dan bulan ke-9 ini sampai sekarang menjadi Bulan Kitab Suci Nasional. (Dinar Ds)

Kirim komentar

Komentar

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. asir mirip says:

    kegiatan-kegiatan seputar bulan kitab cuci nasional lebih banyak di sosialisaikan di jnternet seperti ini sehingga orang yang tidak sempat mengikuti di paroki-paroki setempat bisa membaca dan mengikuti di pojok websait trims

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© 2012 Parokiarnoldus.net - All Rights Reserved | Gereja St. Arnoldus Janssen, Bekasi Jl. Ir. H. Juanda No.164, Bekasi 17113 | Telepon : 021-8801763 | Fax : 021 88347168 | Web: www.parokiarnoldus.net | Facebook: parokiarnoldus
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.