Published On: Thu, Feb 24th, 2011

Catatan Kursus Evangelisasi Pribadi’2010

Oleh : Pak Martoko

Mengenal KEP.

Apakah anda tahu apa itu KEP?

Cerita berikut saya ambil waktu saya mengikuti KEP angkatan ke 6, yang mungkin akan menambah pengenalan anda akan KEP, dan siapa tahu anda akan tertarik untuk mengikutinya pada kesempatan yang akan datang, selamat membaca!

KEP adalah kependekan dari Kursus Evangelisasi Pribadi.

KEP Angkatan ke 6 (2010)

Cerita akan saya awali dengan alasan mengapa saya selalu ikut KEP (sebagai peserta dan panitia)

Alasan No : 1

Dalam setiap pengajaran saya banyak menemukan hal-hal yang baru yang membuat saya selalu rindu untuk selalu mendekatkan diri pada Tuhan dan menikmati kasihnya, terutama dalam retret pengutusan.

Alasan lainnya saya ambil dari pengalaman saya mengikuti KEP St Arnodus angkatan ke 6 tahun 2010.

Apa saja yang diajarkan (materi pengajaran) :

Dokumen Gereja : Evangelii Nuntiandi ( Injil Harus diwartakan) yang dalam setiap sesi pengajaran disertai contoh contoh/ Sharing pengalaman nyata dari pengajar dan dibawakan dengan cara sangat menarik, dalam setiap pengajaran selalu diselingi dengan  pujian, ibadat, dan tentu saja istirahat dengan makan minum yang disediakan oleh peserta sendiri.  Ada 30 sesi pengajaran yang dapat dikelompokkan dalam :

1. Introduksi

2. Apa itu Evangelisasi?

3. Perkembangan Iman

4. Kerajaan Allah & Keselamatan

5. Berteman

6. Sharing Iman

7. Kisah Kristus & Penyajian Injil

8. Ajakan Bertobat

9. Integrasi ke Dalam Komunitas

10.Orientasi Kunjungan Rumah

11. Evaluasi Kunjungan Rumah

12. Iman Katolik

13. Ajaran Sosial gereja (ASG).

Pengajar :

Pengajaran diberikan oleh Pewarta-pewarta dari Shekinah yang sebelumnya telah dipersiapkan dengan baik No 1-11, dan juga Romo paroki (No 12 & 13). Dalam Retret pengutusan bahkan kami diberikan pengajaran oleh Rm Edy Purwanto, lulusan terbaik dari lemhanas tahun 2010 (angkatan 83?).

Tempat pengajaran & Retret:

di Aula Gereja (Gereja adalah tempat yang paling sering saya kunjungi selain tempat kerja). Dan Retret diadakan di Lembah Karmel Cikanyere.

Peserta dan panitia :

Terdiri dari berbagai Suku (Batak, Cina,Flores,Papua, Jawa, Sunda),profesi (Dokter, Guru, Motivator,Karyawan, Ibu rumah tangga, Pensiunan, Pengusaha) , rentang usia ( Usia termuda 18 tahun dan Tertua 73 tahun), kelompok pelayanan ( KTM, PDKK, KMF, Soverdia, Legio Maria, Ketua wilayah, Ketua Lingkungan, Prodikon, Lektor/ Komentator) dan minat  yang sangat beragam.

 

 

 

 

 

 

 

Suana pengajaran :

Menyenangkan. ( Diskusi kelompok, Pujian dan pengajaran)

 

 

Biaya :

Sangat murah bahkan ada yang gratis ( mendapatkan subsidi dari teman, panitia, lengkungan, wilayah, paroki dan Donatur). Yang penting mau dan kalau ada kesulitan konsultasikan dengan panitia.  ( Biaya pendaftaran Rp 25.000; Biaya Kursus Rp 150.000 dan biaya Retret Rp 150.000,-)

Persiapan pengajaran :

Panitia dibentuk waktu pengajaran KEP hampir selesai (bulan Oktober 2009),  jadi 8 bulan sebelum kursus dimulai panitia sudah mulai bekerja, untuk membekali agar panitia tetap semangat diadakan rekoleksi dua hari di Wisma semadi klender yang dipandu oleh Bp Berman Ali & romo Anselmus

Anda tertarik untuk ikut KEP angkatan berikutnya?

Berikut saya sertakan beberapa informasi yang mungkin dapat anda jadikan sebagai pertimbangan keikutsertaan anda dalam KEP mendatang.

Sejarah.

Pada tahun 1988 dimulailah Sekolah Evangelisasi Pribadi (SEP) angkatan pertama di Gedung Shekinah, yang diselenggarakan 3 kali seminggu selama 4 bulan penuh. Kemudian diteruskan di paroki-paroki dengan Nama Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP) +/- sudah 52 paroki di KAJ yang mengadakan KEP, di Paroki St Arnoldus Bekasi Angkatan Pertama pada Tahun 2005, dan Bulan Oktober ini telah selesai angkatan ke 6, Tahun 2011 akan dilanjutkan dengan angkatan ke 7.

Tujuan  KEP :

  • Membantu perserta kursus /umat untuk mengalami pendalaman hidup dalam doa, firman Tuhan, kecintaan akan Sakramen-sakramen Gereja, pengertian akan ajaran-ajaran Gereja Katolik (Dogma) serta cara penyampaian kesaksian hidup kristiani yang otentik.
  • Mempersiapkan peserta untuk belajar menginjili diri sendiri baru kemudian berbagi kabar baik dengan sesama secara person to person (orang per orang), bukan menjadi perwarta mimbar atau guru agama.
  • Memperdalam wawasan dan menambah semangat umat sebagai pembawa kabar baik bagi diri sendiri dan sesama.

Persyaratan :

  • Sudah di baptis (menyerahkan Foto Copy surat baptis)
  • Membayar biaya Kursus
  • Bersedia mentaati peraturan Kursus
  • Menyerahkan Pasfoto 4×6  2 buah.
Displaying 2 Comments
Have Your Say
  1. anto says:

    KEP (kursus evangelisasi pribadi) adalh salah satu sarana unt mempertajam iman katolik kita. Bgmn kita sbg misionaris dan fungsionaris awam, lebih beriman secara cerdas dan bertanggung jawab.
    Tak bisa dipungkiri, arus zaman sering menyeret kita mengaburkan hal2 rohani kita. Bahkan kadang pelayanan kitapun (kerasulan awam) membawa tendensius pribadi.
    Mari kita belajar&berlatih utk mjd orang katolik yg sungguh2 katolik dlm panggilan kita sbg orang awam. Berkah Dalem.

  2. rubianto Saragih says:

    KEP akan membawa kita pd pertobatan dan perkembangan iman yg terus menerus serta mengintegrasikan iman kita dalam perbuatan dan kehidupan sehari-hari. Dampak yg diharapkan setelah mengikuti KEP adalah hidup lbh menggereja, lebih terlibat aktif di lingkungan/wilayah dan kelompok2 kategorial yg ada di paroki kita. Melalui KEP kita tidak dilatih utk menjadi evangelis spt imam,diakon atau katekis. Kita dilatih hanya sbg evangelizer.. Mau tau bedanya evangelist dan evangelizer??? makanya mari daftarkan diri kita utk ikutan KEP angkatan ke VII yg pendaftarannya sudah dibuka setiap minggu habis misa 1 dan 2 atau melalui panitia yg tertulis di brosur. Ditunggu ya..!!!

    Rubianto Saragih
    Ketua KEP VII
    0812 809 64764

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© 2012 Parokiarnoldus.net - All Rights Reserved | Gereja St. Arnoldus Janssen, Bekasi Jl. Ir. H. Juanda No.164, Bekasi 17113 | Telepon : 021-8801763 | Fax : 021 88347168 | Web: www.parokiarnoldus.net | Facebook: parokiarnoldus | Twitter : parokiarnoldus | Youtube Channel : parokiarnoldus