Published On: Thu, Jun 6th, 2013

Forma dan Materi Sakramen Krisma

Krisma

Forma dan Materi Sakramen Krisma

Pada dasarnya, Sakramen Krisma diterimakan oleh seorang Uskup tetapi juga oleh Imam. Seorang Uskup atau Imam menumpangkan tangannya diatas penerima seraya mengurapi dahi dengan minyak Krisma sambil berkata : “Saudara… terimalah tanda karunia Roh Kudus.” Penumpangan tangan yang dilakukan oleh Uskup atau Imam ini menjadi tanda lahiriah penerimaan Roh Kudus (Bdk. Kis 8 : 14 – 17; 10, 44 48; 19, 1 – 7)

Minyak Krisma itu sendiri merupakan campuran minyak zaitun (atau kalau tidak mungkin bisa juga dari minyak tumbuhan lain) dengan balsam (bahan wangi-wangian lain). Minyak Krisma terbuat dari minyak zaitun. Karena minyak zaitun memiliki aroma yang kurang sedap maka ditambahkan balsam wangi. Minyak Krisma diberkati oleh Uskup Diosesan (Kan. 880) biasanya dalam misa Krisma padaa pagi hari Kamis Putih dalam pekan suci di Gereja Katedral bersama-sama dengan minyak suci yang lain (mis. minyak pengurapan orang sakit). Kemudian minyak Krisma dibagi-bagikan ke seluruh wilayah Keuskupan sebagai lambang persatuan dalam Gereja. Minyak Krisma juga digunakan untuk dalam Sakramen Tahbisan. Selain itu juga bisa digunakan dalam pemberkatan gedung gereja, altar, piala, lonceng.

 Nota Pastoral :

1. Catatan untuk petugas Krisma yang bukan Uskup :

  • Petugas Krima yang bukan Uskup diharap mengikuti aturan upacara Krisma atau didalam misa atau diluar misa.
  • Kalau calon Krisma berjumlah banyak, petugas Krisma dapat dibantu oleh beberapa imam lain yang hendaknya dipilih dengan ketentuan : menjabat suatu tugas khusus dalam Keuskupan, yakni Vikaris Jendral atau Delegatus Uskup, Vikaris Distrik atau daerah atau yang sederajat dengan jabatan-jabatan tersebut, atau menjabat pastor paroki setempat asal calon Krisma diberikan atau para imam yang turut membimbing dan menyiapkan para calon Krisma.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© 2012 Parokiarnoldus.net - All Rights Reserved | Gereja St. Arnoldus Janssen, Bekasi Jl. Ir. H. Juanda No.164, Bekasi 17113 | Telepon : 021-8801763 | Fax : 021 88347168 | Web: www.parokiarnoldus.net | Facebook: parokiarnoldus | Twitter : parokiarnoldus | Youtube Channel : parokiarnoldus