Published On: Sun, Aug 10th, 2014

Misa Orang Muda Katolik

OMk

Misa yang diadakan oleh orang muda Katolik mempunyai nuansa yang cukup menarik untuk disimak. Seluruh petugas liturgi seperti Lektor, Pembaca Doa Umat, Koor, Petugas Tatib dan Kolektan menampilkan wajah-wajah muda yang penuh semangat. Merekalah generasi penerus bagi perkembangaan dan pertumbuhan gereja Katolik. Hal ini yang juga menarik untuk dicatat adalah kreativitas dari kelompok OMK yang mengiringi koor dengan seperangkat alat musik layaknya sebuah band yang menampilkan lagu-lagu pembuka, lagu Mazmur Tanggapan, lagu-lagu pengantar persembahan, sampai lagu penutup dengan nuansa musik yang berbeda, bukan sekedar iringan monoton sebuah organ tua. Hal ini dapat merupakan salah satu bentuk penyesuaian liturgi bagi kelompok OMK.

Homili Imam yang menggelitik tentunya merupakan saat yang paling tepat untuk memotivasi kaum muda untuk terus bergiat dalam kegiatan gereja. Diperlukan kehangatan seorang gembala dalam merangkul mereka para generasi muda agar di usia mereka yang masih muda itu mereka suidah merasa memiliki dan menjadi bagian dari Gereja Katolik. Tidak jarang homilinya ada Imam yang menggunakan istilah-istilah anak-anak muda yang lebay yang mencitrakan bahwa para Imam juga mengikuti perkembangan dan pergaulan anak-anak muda. Salah satu cara untuk meninggalkan kesan tidak adanya sebuah gap antaragereja dengan kaum muda.

Kita perlu bersyukur bahwa di tengah kemajuan teknologi, di tengah susutnya animo kaum muda di Eropa dan negara-negara maju untuk pergi ke gereja, kita masih memiliki Orang Muda Katolik yang mau terlibat aktif dalam kegiatan gereja. Merekalah kaum muda yang perlu dibina dan diwadahi dengan sebaik-baiknya sebab merekalah masa depan gereja Katolik kita. (sumber : Majalah Liturgi 1 Volume 24 Tahun 2014 | Foto : Deas)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

© 2012-2015 Parokiarnoldus.net - All Rights Reserved | Gereja St. Arnoldus Janssen, Bekasi Jl. Ir. H. Juanda No.164, Bekasi 17113 | Telepon : 021-8801763 | Fax : 021 88347168 | Web: www.parokiarnoldus.net | Facebook: parokiarnoldus | Twitter : parokiarnoldus | Youtube Channel : parokiarnoldus