Published On: Sat, Nov 17th, 2012

Perkembangan Wilayah Selatan

Wilayah Selatan Santo Paulus Paroki St Arnoldus Janssen Bekasi, dalam perkembangannya terdiri dari sepuluh wilayah dan 45 lingkungan, dengan jumlah umat sekitar 1778 Kepala Keluarga dan 6783 jiwa. Kesepuluh wilayah tersebut adalah Wilayah St. Stevanus, St. Gregorius Agung, St. Yasinta, St. Agustinus, St. Lusia, St. Thomas Rasul, Keluarga Kudus, St. Maria Goreti, Maria Bunda Penolong, dan St. Maria Bunda Allah, yang berada dalam wilayah sekitar Kecamatan Rawalumbu, Mustika Jaya, Bantar Gebang, Cibitung, Setu, dan Grand Wisata.

Misa Wilayah Selatan dilaksanakan di rumah warga secara bergilir antarwilayah.
Foto: Anang Y.B.

Kebutuhan umat Katolik di Wilayah Selatan Santo Paulus dengan jumlah umat: 6783 dan 1778 KK. Ditinjau dari segi geografis terhadap Gereja St Arnoldus Janssen Bekasi, memiliki jarak terdekat daerah Sepanjang Jaya (Wilayah St Lusia) yang berjarak 4 km , sedangkan jarak terjauhnya adalah daerah Setu sekitar 16 km dari. Wilayah yang terletak pada lingkar terluar Wilayah Selatan Santo Paulus dengan jarak 10 km s.d. 16 km menyulitkan umat untuk hadir dalam misa Gereja St Arnoldus Janssen Bekasi. Demikian pula dari sisi kondisi sosial dan ekonomi, sebagian umat di Wilayah Selatan Santo Paulus mempunyai tingkat ekonomi menengah ke bawah. Dengan jarak tempuh yang jauh ke Gereja St Arnoldus Bekasi, maka dalam kenyataannya banyak umat terlambat saat ke gereja juga bahkan tidak ke gereja dengan alasan biaya transportasi tinggi Dengan kesulitan ini menyebabkan pelayanan pastoral di Wilayah Selatan Santo Paulus terutama Sakramen Ekaristi kurang optimal. Solusi dengan penjadwalan misa kunjungan pastoral tiap minggu kedua dan keempat, masih juga belum mengoptimalisasi pelayanan Sakramen Ekaristi.

Demikian pula, di sekitar Wilayah Yasinta, Wilayah MBP, dan Wilayah Grand Wisata, terjadi pertumbuhan pembangunan perumahan baru yang pesat, yang akan dimungkinkan pula pertumbuhan umat katolik yang lebih banyak dari data sebelumnya.

Dari sepuluh wilayah di lingkup Wilayah Selatan Santo Paulus, terdapat Wilayah St Lusia yang kondusif untuk berdirinya rumah ibadat umat katolik. Didukung pula terdapat tanah Keuskupan Agung Jakarta yang terletak di Jalan Kemuning V RT 04 RW 05 Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi. Di wilayah RW 05 tersebut, telah berdiri: beberapa masjid, 8 gereja kristen (belum ada izin) dan dua Vihara (sudah ada izin). Masyarakat plural yang terdiri dari berbagai etnis, agama yang berbeda, dan ras, tidak menjadi hambatan dalam toleransi beragama. Saling melayani dan membantu diterima dengan baik, ini terbukti pada pelaksanaan Bakti Sosial Umat Katolik diterima baik di lingkungan tersebut. Juga kegiatan Halal Bihalal tiap tahun dilaksanakan dengan baik.

Sumber: Publikasi Pengurus Wilayah Selatan.

© 2012 Parokiarnoldus.net - All Rights Reserved | Gereja St. Arnoldus Janssen, Bekasi Jl. Ir. H. Juanda No.164, Bekasi 17113 | Telepon : 021-8801763 | Fax : 021 88347168 | Web: www.parokiarnoldus.net | Facebook: parokiarnoldus | Twitter : parokiarnoldus | Youtube Channel : parokiarnoldus