Published On: Thu, Nov 29th, 2012

Retret Pengutusan Peserta KEP angkatan ke-8

Jumat pagi (16/11), halaman parkir Gereja St Arnoldus Janssen Bekasi, tampak ramai. Hari itu adalah hari pemberangkatan peserta retret pengutusan Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP). Retret kali ini, seperti tahun sebelumnya bertempat di Lembah Karmel Cikanyere, Cipanas, dan berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 16 November hingga 18 November 2012.

KEP Shekinah

Sharing iman dalam kegiatan pengajaran

Retret Pengutusan adalah puncak dari kegiatan KEP yang sudah diadakan selama kurang lebih 4 bulan, sejak Juli 2012. Dalam kegiatan tersebut, paroki dan panitia bekerjasama dengan Shekinah sebagai penyelenggara kegiatan. KEP tahun ini di Paroki St Arnoldus Janssen Bekasi merupakan angkatan yang ke-8. Kursus diikuti oleh kurang lebin 80 orang. Dari jumlah tersebut, 76 di antaranya terdaftar untuk mengikuti kegiatan Retret selama tiga hari tersebut. Selain peserta, ada juga anggota keluarga yang mengikuti retret ini.

Kegiatan Retret hari pertama, diawali dengan Misa pembukaan, yang dipimpin oleh Pastor Paroki, Pastor Anselmus Selvus Wege, SVD. Misa diadakan di Kapel. Selanjutnya setelah Misa, peserta mengikuti beberapa sessi pengajaran di aula. Pengajaran hari pertama ini diberikan oleh Pastor pendamping, Pastor P Sigit Pawanta, SVD dan Pastor Anselmus Selvus Wege, SVD. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pengajaran ini. Setelah kegiatan pengajaran dan makan malam, kegiatan hari pertama ditutup dengan Ibadat Adorasi.

Ibadat Adorasi atau penghormatan kepada Sakramen Mahakudus, dipimpin oleh Pastor Anselmus Selvus Wege, SVD. Banyak sekali peserta yang sungguh-sungguh tersentuh dan merasakan kehadiran Tuhan Yesus sendiri. Beberapa orang juga sungguh mengalami jamahan Tuhan dan menerima penyembuhan, baik luka batin maupun kesembuhan dari penyakit fisik yang dideritanya.”Tiba-tiba tubuh saya hangat dan penyakit yang saya rasakan sebelah kiri, batu ginjal seketika tidak terasa lagi,” tutur salah seorang peserta.

Hari kedua kegiatan retret sangat padat, Pukul enam pagi peserta sudah siap mengikuti ibadat pagi yang dipimpin oleh Pastor Anselmus Selvus, SVD. Kemudian setelah sarapan pagi, para peserta kembali mengikuti kegiatan pengajaran.

Menjadi Lebih Dekat Dengan Tuhan

Hari kedua pengajaran diberikan oleh Bp Dhony Widhiyanto dan Bp Mulyo Santoso, keduanya dari Shekinah. Pada pengajaran ini pun para peserta tampak antusias menyimak dan mengikutinya. Di akhir pengajaran, dilakukan refleksi pribadi dan sharing kelompok. Para peserta sungguh tersentuh, terutama saat melakukan sharing kelompok. Semua merasa sangat dikuatkan dengan adanya sharing ini. “Lebih mengenal dan dekat dengan Yesus, banyak teman dalam berbagi, dan sharing iman untuk saling menguatkan,” demikian tulis salah satu peserta ketika ditanya mengenai kesannya.

Setelah makan siang, peserta kemudian mengikuti ibadat tobat, penerimaan Sakramen Tobat, dan konseling. Penerimaan Sakramen tobat dilayani oleh tiga orang pastor, yakni Pastor Anselmus, Pastor Sigit, dan Pastor Johan. Untuk konseling dilayani oleh enam orang konselor. Peserta cukup antusias mengikut koseling, sehingga kegiatan ini baru selesai lewat dari pukul empat sore.

Sore hari, peserta masih mengikuti sessi pengajaran dari Romo Sigit di aula, sebelum kemudian dilanjutkan denagn Pencurahan Roh Kudus. Ibadat ini kembali dipimpin oleh Romo Anselmus. Dalam Pencurahan Roh ini, peserta sungguh merasakan kehadiran Roh Kudus, dalam bentuk yang berbeda-beda. Masing-masing disentuh, dan dikarunia karunia-karunia tertentu sesuai dengan permohonan atau pun panggilannya.

Setelah selesai acara ini, peserta berkesempatan untuk memberikan kesaksian. Bermacam-macam kesaksian dan diberikan, semuanya sungguh menguatkan iman satu dengan yang lainnya. Dan sungguh kehadiran Roh Kudus telah memberikan semangat dan keberanian yang menyala-nyala dalam diri para peserta untuk terus mewartakan kabar baik Tuhan.

Selesai ibadat ini, peserta pun beranjak untuk beristirahat di kamar, esok hari kegiatan masih cukup padat. Penat yang dirasakan tak sebanding dengan sukacita yang didapatkan malam itu.

Hari minggu, hari terakhir retret, sekaligus puncak dari seluruh rangkaian retret pengutusan ini. Diawali dengan ibadat Doa Yesus yang dipimpin oleh Suster Lisa dari Lembah Karmel. Kemudian setelah sarapan, peserta masih mengikuti pengajaran dari Bp Dhony Widhiyanto.

Fellowship

Fellowship KEP Angkatan VIII

Acara kemudian dilanjutkan dengan Fellowship. Dbuka dengan aneka pujian, acara ini sangat meriah…, semua peserta, panitia, romo, dan pengajar membaur dalam satu kesatuan, penuh sukacita. Sungguh semua merasakan kebahagiaan yang luar biasa. Selanjutnya seluruh rangkaian acara Retret ditutup dengan Misa Pengutusan yang dipimpin oleh Romo Sigit Pawanta. Dalam misa ini, setiap peserta, diberi tugas perutusan untuk terus memberitakan kabar baik, kabar sukacita… dengan keyakinan bahwa Yesus senantiasa menyertai sampai akhir jaman.

Acara kemudian ditutup dengan sessi foto bersama. Hujan deras mewarnai hari terakhir ini. Sampai kemudian makan siang, dan pemberangkatan peserta kembali menuju Bekasi, hujan masih tetap mengiringi. Puji Tuhan, seluruh rangkaian acara selesai, seluruh peserta tiba dengan selamat kembali di gereja. Semua dengan membawa sukacita. Membawa harapan yang baru. Membawa semangat baru, siap diutus!!

Amin. Tuhan memberkati.

Liputan: Ceacilia Tri Cahyawati – KEP Paroki St. Arnoldus Bekasi
Foto: Chandra - KEP Paroki St. Arnoldus Bekasi

Kirim komentar

Komentar

© 2012 Parokiarnoldus.net - All Rights Reserved | Gereja St. Arnoldus Janssen, Bekasi Jl. Ir. H. Juanda No.164, Bekasi 17113 | Telepon : 021-8801763 | Fax : 021 88347168 | Web: www.parokiarnoldus.net | Facebook: parokiarnoldus
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.